Jumat, 02 Desember 2011

Naviananda, Meraup Laba Dari Masakan Serba Lele

Bisa jadi inilah warung makan dengan menu serba lele terlengkap. Tidak hanya pecel lele seperti yang sudah sering ada di warung lesehan selama ini. Ada sepuluh menu lele mulai dari pecel lele biasa, lele penyet, lele bakar, lele asam manis, lele saos tiram dan lainnya.

leleYang lebih hot lagi, lelesaurus, ikan lele raksasa yang dimasak bakar saos tiram atau asam manis dan disajikan panas. Nasi kelas satu nan pulen menjadi teman selama menyantap lele raksasa plus teh hangat atau wedang jeruk.

"Sepertinya belum pernah ada warung serba lele dan baru kami yang berani mengolahnya menjadi berbagai menu. Tiap saat kami mencoba resep baru agar masakan lele lebih variatif," ujar pengelola Warung Lelesaurus, Naviananda di sela-sela kesibukan melayani dan menemani tamu di Jalan Menteri Supeno 86, Umbulharjo, Yogyakarta.
Sebelum memulai usaha buka warung serba lele, dia hanya sering berpikir selama ini menu lele sekadar untuk pecel, penyet atau mangut.

Tidak ada variasi lain dengan nuansa yang lain pula. Bahkan orang memandang lele hanya makanan kelas dua tidak seperti gurami, bawal, nila atau lainnya.

Navi ingin menepis kesan tersebut dan membawa lele ke dalam makanan yang lebih berkelas melalui resep dan variasi masakan. Bahan dasarnya memang sama namun yang penting cara mengolah dan mengemas. "Menu andalan kami, lelesaurus atau lele raksasa.

Satu ekor bisa mencapai tujuh atau delapan ons. Banyak orang bilang lele besar tidak enak, ampang tapi itu semua tak benar. Silahkan saja coba masakan kami," ujar Andreas, teman Navi yang ikut membidani lahirnya warung serba lele pertama di Yogyakarta.

Keduanya terus menciptakan menu dan resep masakan baru. Tak lama lagi mereka bakal membuat bakso lele, nugget, keripik. Bukan cuma itu, malam hari warungnya menambah menu serba kopi. Minuman kopi berbagai rasa dan daerah ada di sana.

Meskipun membawa lele dari lesehan ke warung makan tapi Navi dan Andreas tak mau melambungkan harga. Masih terjangkau, begitu yang mereka sampaikan mengenai harga. Ada menu yang Rp 5.000-an per porsi tapi ada pula yang Rp 20.000-an per porsi seperti lele raksasa yang bisa dimakan untuk beberapa orang.

"Tak perlu khawatir soal harga, meskipun sekarang lele sudah tak lagi di lesehan tapi harga sangat terjangkau dan kompromi," seloroh Navi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar