Kamis, 01 Desember 2011

Lele "Si Kotor" Yang Berkhasiat

Sekilas melihat gaya hidup dan penampilan ikan yang satu ini maka pemikiran yang muncul adalah kotor, jelek dan menjijikkan. Ikan ini adalah Lele, ikan yang mampu bertahan hidup di area yang kotor sekalipun bahkan tak jarang memakan kotoran pula dengan warna kulit yang hitam maka sangat wajar jika deskripsi di atas muncul dibenak kita saat melhat ikan lele untuk pertama kali.

Namun dibalik gaya hidup dan penampilannya yang seperti itu, ikan lele memiliki khasiat dan manfaat yang tinggi. Ikan Lele kaya akan Leusin dan Lisin. Leusin merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Sedangkan Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Tak kalah pentingnya, lisin bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui dari mana asalnya daya tahan tubuh Lele sehingga mampu hidup di area yang kotor sekalipun sekaligus menjelaskan khasiat ikan lele itu sendiri. Selain itu Kajian ilmiah membuktikan, ikan memiliki protein yang lebih tinggi ketimbang makanan lain dan ikan lele memiliki kandungan protein sebesar 17 % di tubuhnya.

Karena itu saat ini budidaya lele berkembang cukup pesat terlebih sejak kemunculan ikan lele jenis sangkuriang yang memiliki berbagai keunggulan dibanding ikan lele dumbo biasa sehingga mampu menambah potensi ikan lele.

Budidaya ikan lele dapat diusaha kan dalam drum atau gentong hingga dapat menjadi usaha produk dengan begitu dapat menjadi alternatif usaha perbaikan gizi atau peningkatan kebutuhan pangan keluarga. Jadi “don’t just look the book by the cover” dengan contoh nyatanya si pelawak sukses Tukul dengan kumis lele nya dimana penampilan awalnya pun tak jauh dari ikan lele kini dikenal oleh jutaan orang dan menjadi kaya raya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar