Kamis, 29 Desember 2011

LPNU Bogor Panen Lele Sangkuriang

Enam bulan telah berlalu, pelatihan budidaya lele yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Lembaga Perekonomian NU (LPNU) untuk para petani se-Jabodetabek yang dilaksanakan Cisarua-Puncak Bogor telah membuahkan hasil.

Dua orang petani yang semula tidak mengerti sama sekali mengenai budidaya lele Sangkuriang dikirim oleh Pengurus Cabang Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Kabupaten Bogor.


Hasilnya sampai saat ini telah 2 kali panen, dengan hasil yang cukup memuaskan.

Bahkan bukan hanya disitu saja, PC LPNU Kab.Bogor telah mengembangkan sendiri pemijahan lele Sangkuriang, jika 3 bulan yang lalu masih membeli bibit dari tempat lain (Ciawi-Bogor ) maka saat ini kebutuhan bibit lele Sangkuriang dapat dipenuhi sendiri.

Sekretaris PCNU Bogor Akhsan Ustadhi menjelaskan ini LPNU Kab Bogor bekerja sama dengan alumni Institut Pertanian Bogor sedang mengembangkan pembuatan pakan untuk lele Sangkuriang sehingga ke depan kebutuhan pakan lele dapat dipenuhi sendiri untuk minimalisir anggaran pakan.


Ada rencana pakan tersebut dipasarkan untuk lingkungan NU Kab Bogor.

Hasil Panen tersebut juga dinikmati secara langsung oleh jama’ah NU setiap malam Sabtu dalam pengajian rutin PCNU tafsir Syech Abdul Qodir Jaelani dalam bentuk hidangan pecel lele, begitu juga dalam acara lailatul Ijtima’ setiap dua bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar