Jumat, 09 Desember 2011

4 Langkah Mudah Memulai Bisnis Lele Sangkuriang

Seperti yang saya kutip di tayangan televisi “Apakah gaji anda cuma lewat saja ditabungan ? Apakah anda hanya menunggu kenaikan gaji tahunan ? Ingin menambah income  tetapi pusing mikirin bisnis apa yang akan dilakukan?”. 

Uraian berikut ini dapat menjadi salah satu referensi anda bagi yang ingin memulai berbisnis.
Artikel ini saya beri judul “4 langkah mudah memulai bisnis lele sangkuriang“. Kenapa saya bilang mudah, karena ternyata memang tidak sulit untuk memulai bisnis ternak lele sangkuriang.

Langkah I : Sediakan Lahan
Sediakan saja lahan untuk kolam dengan luas minimal 150 m2 untuk satu paket indukan Lele sangkuriang. Bersyukurlah anda bagi yang mempunyai orang tua yang memiliki investasi tanah, sehingga bisa anda manfaatkan langsung. Bagi yang tidak mempunyai lahan, anda dapat menyewa lahan mati dalam artian lahan yang tidak di olah oleh pemiliknya. Biasanya lahan yang terbengkalai dapat anda sewa dengan harga yang murah. 

Dari pada terbengkalai, lebih baik anda manfaatkan bukan.. Atau anda tawarkan dengan sistem bagi hasil dengan persentasi tertentu dengan yang punya tanah. Kalo tidak menemukan lahan murah, cara terakhir yang dapat anda lakukan khusus bagi pria, adalah anda menikahi anak perempuan tuan tanah di kampung anda. hehe… dijamin anda bisa menggunakan tanah mertua anda, gratis !!  Just kiding ya… (saya tidak menyarankan anda menempuh cara ini).

Langkah II : Sumber air bersih
Sediakan sumber air bersih. Air bersih yang dimaksud disini adalah air yang baru, benar-benar bersih, bukan air bekas, bebas dari limbah rumah tangga apalagi limbah pabrik. Tidak disarankan menggunakan air PAM karena mengandung kaporit. Air yang bersih, bukan berarti bening.

Langkah III : Persiapkan modal

Persiapkan modal awal minimal sebesar Rp. 5 jt. Modal ini akan digunakan untuk pembuatan kolam, membeli satu paket indukan (disarankan indukan di peroleh dari peternak yang telah berertifikasi), pakan selama masa pembenihan, biaya tenaga kerja dan biaya lainnya. Sedikit promosi, untuk indukan anda dapat membeli di empang kami yang berlokasi di Tigaraksa – Tangerang.

Langkah IV : Ikuti Training Budidaya Lele Sangkuriang
Ikuti training budidaya lele sangkuriang selama 3 hari. Dengan materi training kombinasi antara teori dan praktek lapangan. Selain diberikan pengetahuan mengenai seluk-beluk lele sangkuriang yang di laksanakan di kelas, anda juga diberi kesempatan untuk langsung praktek di kolam. Metoda budidaya yang kami ajarkan adalah metoda Abah Nasrudin sang maestro lele sangkuriang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar