Kamis, 22 Desember 2011

Pakan Ikan Lele

Sebaiknya lele masih umur 1 hari setelah di taruh di kolam dengan ukuran panjang 7cm lele nya kita cukup beri pakan 781-1. kira kira 1 sak habis dalam sebulan atau 30 hari dengan memberikan 2x makan dalam sehari. jangan terlalu sering atau over dalam kasih pakan, lele bisa OD nantinya setelah itu ALMARHUM. KENAPA HARUS SENTRAT.? kalo itu emang kita butuh sentrat yang menunjang buat lele agar cepat besar. mumpung masih balita lele harus kita suplay gizi bagus. 
 
Sebaiknya juga pakan dalam 1 kali seminggu harus di kasih obat pencegah penyakit, seperti, jamur, herpes pada ikan, insang berdarah, kumis ikan lele kriting, buntut ikan lele kriting, atau bahkan kulit ikan lele mengelupas sampai daging dalam, kelihatan (mlonyoh ), dan lain lain. jujur aja aku pernah mengalami gagal panen gara gara penyakit itu.. (jangan remehkan penyakit ikan. 
 
Karena virus dan bakteri pada ikan berselancar bebas di air dan bisa menyerang manusia juga). lah untuk menghindari itu beli vaksin di toko ikan yang bisa di campur di pakan atau di air.. lebih baik yang di pakan, karena lebih cepat bekerja pada ikan.
 
sekarang kembali pada pakan ikan lele setelah 1 sak 781-1 habis dalam sebulan dengan 2x pakan setiap hari. nah sekarang kawan kawan bisa meneruskannya dengan pakan ikan 781 atau pakan dengan cara buatanku sendiri. karena apa.. setelah 1 sak 781-1 habis. biasanya ikan sudah agak besar dengan umur 30 hari setelah di taruh dikolam. maka dari itu lele yang sudah agak besar baru kita akali dengan pakan yang agak murah.
bahan:
1. katul
2. air mendidih
3. telor (telor ayam, lebih bagus telor bebek)
4. plastik
5. tali
cara buatnya mudah:
 
kawan kawan tinggal memasak air hingga mendidih. tuangkan air mendidih itu ke balam katul yang telah di taruh di wadah. aduk sampai rata tapi jangan sampai kebanyakan air.. ya kira kira agak kemamel atau (basah enggak kering enggak).. ngertikan kawan kawan semua. diam kan sampai agak dingin. nah setelah itu campur dengan telur.

1 telur aja gk usah banyak banyak. KENAPA KITA PAKAI TELUR ??.. agar bau amis menyengat, dan yang terlebih terpenting telor banyak mengandung protein, bagus buat pertumbuhan lele aga cepat besar. kawan kawan juga mengaplikasikan dengan mencampur minyak ikan.. paling harga perbotolnya 12.000. beli di toko pakan ikan ada. bisa buat 1 bulan.

Oh iya ukurann semuanya dengan perbandingan 3:1 dengan katul 3 kilo dan telor 1 bisa juga minyak ikan 1 sendok makan. nah setelah semuanya jadi taruh tuh pakan yang kamu buat di kantong plastik.. bisa kamu buat beberapa kantong plastik biar banyak.

Setelah itu tutup plastik dan gantungkan di atas kolam ikan.dengan tali yang bisa kawan kawan ikatkan pada apa aja, initinya biar pakan bisa mengambang. dan lubangi plastiknya. dan setelah itu lihat ikan lele kawan kawan akan menyantapnya dengan senang. lakukan secara rutin 2x sehari pagi dan sore. insyaallah ikan lele panen dalam 50 hari dengan berat 8;1, 8 ekor lele 1 kilo

2 komentar: