Jumat, 30 Desember 2011

Bisnis Lele Sangkuriang

Bisnis budidaya ikan air tawar memang memiliki wilayah yang sangat luas khusunya untuk  Jabodetabek.

Salah satu Ikan budidaya air tawar yang cukup memiliki prospek bisnis yang menjanjikan adalah Lele Sangkuriang. Nama Lele Sangkuriang memang belum setenar Ikan Lele Dumbo, namun secara fisik tidak memiliki perbedaan.

Sebenarnya Lele Sangkuriang merupakan keturunan baru Lele Dumbo yang  kehadirannya merupakan upaya memperbaiki produktivitas Lele Dumbo yang dirasakan mengalami penurunan.

Kelebihan dari  ikan air tawar ini memiliki tekstur daging lebih padat serta  dalam proses peternakan juga lebih cepat untuk dipanen, menjadikan ikan Lele Sangkuriang ini sangat digemari baik oleh para pecinta hidangan ikan lele,  maupun para peternak lele khususnya di Jabodetabek dan umumnya Indonesia.

Besarnya permintaan ikan lele di Jabodetabek saja berkisar 100 ton per malam   menjadikan peluang usaha bisnis ikan Lele Sangkuriang menjadi sangat  menarik untuk diikuti bagi para masyarakat yang ingin berternak ikan Lele Sangkuriang.

Permintaan ikan lele sebanyak itu berasal dari sekitar 25.000 pedagang pecel lele di Jabodetabek saja dan belum ditambah dengan permintaan dari luar Jabodetabek.

Hal tersebut yang  mengakibatkan didatangkannya ikan lele dari luar daerah seperti dari Subang, Bandung, Purwakarta, Sukabumi dan Jawa Tengah.

Itulah kenyataan saat ini, yang pastinya membuka peluang usaha yang cukup besar bagi para peternak ikan lele untuk meniggkatkan jumlah ternaknya dan juga membuka usaha bagi setiap orang yang ingin beternak Lele Sangkuriang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar