Jumat, 18 November 2011

Manfaat Ikan Lele

Jangan menganggap sepele ikan lele. Makanan murah dan mudah didapat ini banyak mengandung zat yang dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan juga baik bagi kesehatan jantung karena ikan ini mengandung rendah lemak.


Selain itu juga memiliki kelebihan yang lain dibandingkan dengan produk hewani lainnya yaitu banyaknya kadar Leusin dan Lisin. Untuk menjaga keseimbangan Nitrogen dan pertumbuhan anak-anak sangat dibutuhkan asam amino esensial yaitu Leusin (C6H13N02). Pembentukan otot juga memerlukan Leusin.

Pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh juga memerlukan kandungan Lisin yang merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial. Asam amino ini sangat penting dan sangat dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dan Lisin salah satunya.

Pertumbuhan dan perkembangan tulang anak sangat memerlukan asam amino agar dapat membantu menyerap kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh dan memelihara masa tumbuh anak agar tidak terlalu berlemak.

Lisin yang terkandung dalam ikan lele juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. kandungan lisin bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes.

Ikan lele juga dipelihara di sawah atau air keruh untuk memberantas hama, jentik nyamuk atau serangga air yang umumnya adalah makanan ikan lele.

Banyaknya budidaya ikan lele yang menjadi sarana untuk mencari keuntungan sudah tentu dikarenakan banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari ikan air tawar ini.

Sehingga  ikan lele umumnya dan lele sangkuriang khususnya bertambah populer di Indonesia. Hampir di setiap warung pinggir jalan menyajikan menu ikan lele dengan segala macam variasi.

1 komentar: