Jumat, 18 November 2011

Sangkuriang Terbesar Di Indonesia

CeritamuSEBAGIAN orang pasti mengetahui tentang jenis ikan lele. Namun mungkin hanya satu jenis saja yang diketahui banyak orang tentang lele. Yakni lele dumbo yang berkumis, berlendir, dan memiliki senjata yakni patilnya yang cukup beracun.

Sebetulnya ada jenis lele yang lebih besar dari lele dumbo. Mereka biasa menyebutnya lele sangkuriang. Jenis lele ini berasal dari wilayah Cianjur, Jawa Barat. Berat lele ini pun bisa melebihi berat lele yang sering dijadikan bahan konsumsi sehari-hari sebagai pecel lele.

Salah seorang warga Kec.Cileunyi, Kab.Bandung. Adet, telah berhasil membudidayakan lele jenis sangkuriang ini di daerahnya dengan menangkarnya yang Akhirnya menghasilkan bibit lele sangkuriang jumbo dengan berat paling besar sampai saat ini 6-8kg. Kurang lebih sebesar betis orang dewasa.

Untuk meghasilkan bibit indukkan lele sangkuriang dengan berat seperti itu, Adet membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni selama 3-4 tahun. Sangat aneh sekali bagi masyarakat yang melihat dan mendengar jenis lele sangkuriang ini. Soalnya mungkin masyarakat hanya mengenal jenis lele seperti yang ada di warung pecel sehingga lele sangkuriang sangat asing di telinga dan di mata masyarakat.

Di daerah asalnya Cianjur, lele tersebut tidak sebesar dan seberat yang dihasilkan Adet. Berat lele sangkuriang yang ada di Cianjur hanya 2-3kg. Namun lele yang di hasilkan Adet dua kali lipat lebih besar dari aslinya. Menurut Adet, lele-lele ini bisa menjadi sebesar ini berkat perkawinan silang antara lele dumbo dan lele sangkuriang.

Dengan adanya perkawinan silang antara lele-lele tersebut, terlahirlah indukan lele sangkuriang ini. Mungkin lele ini merupakan lele terbesar di Indonesia. Mengenai perawatannya, Adet menyatakan, sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Lele tersebut hanya diberi daging keong sawah yang sudah direcah atau sisa makanan manusia yang masih layak.

Tempat budi dayanya pun tak bisa di mana saja. Baik kolam berlumpur ataupun kolam lainnya. Ia menyebutkan, dari 15 ekor ikan lele, yakni 10 ekor betina dan 5 ekor lele jantan, maka bisa menghasilkan sebanyak 50.000 telur. Dari jumlah tersebut, ia menyatakan, sekitar 80%-nya akan menetas.

lele-sangkuriang.jpg

Untuk membedakan jenis kelamin lele sangkuriang, Adet mengatakan, hal itu dapat dilihat dengan cara melihat bawah badan si lele. Untuk yang berjenis kelamin jantan condong menjorok ke dalam dan untuk betina lebih terlihat ada benjol merah keluar. Terkait harga, lele sangkuriang yang berukuran jumbo ini berharga Rp30.000 - Rp 50.000/kg. Tingginya harga lele tersebut karena bukan untuk dikonsumsi manusia melainkan untuk bibit indukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar