Minggu, 27 November 2011

Tatiek Fauzi Bowo Kagumi Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Keberhasilan warga Kapuk Muara dalam membudiyakan ikan lele Sangkuriang di RW 02 mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Tatiek Fauzi Bowo. Ia mengaku takjub dengan upaya warga Kapuk Muara yang serius menekuni berbagai program pemberdayaan masyarakat yang bisa meningkatkan ekonomi produktif keluarga.

Hal itu diutarakan ketika melakukan kegiatan road show pemberdayaan keluarga di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Rabu (23/11). Bukan hanya budidaya  ikan lele yang dilakukan warga Kapuk Muara melainkan pembibitan cacing, ikan hias, tanaman cabai, singkong dan sayuran.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua TP PKK DKI Jakarta bersama Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono dan Ketua TP TPP Jakarta Utara, Naniek Sugiyono melakukan aksi tanam pohon dan panen sawi yang merupakan hasil binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

“Semua yang telah dilakukan binaan UP2K ini termasuk usaha produktif yang bila dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan pendapatan keluarga,” ungkap Tatiek Fauzi Bowo. Usai meninjau sejumlah lokasi yang menjadi unggulan warga Kapuk Muara, TP PKK Provinsi DKI Jakarta bersama pejabat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan dialog terbuka dengan warga setempat.

Selain itu, sejumlah bantuan seperti peralatan kebersihan, dana pembelian mesin pencacah makanan ikan dan penyerahan 30 akte kelahiran secara gratis juga dilakukan. “Usaha produktif warga Kapuk Muara telah berjalan dengan baik dan bisa menjadi contoh bagi warga lainnya,” ujar Walikota Jakarta Utara.

Sedangkan hasil budidaya ikan lele Sangkuriang dijual dengan harga Rp 12 ribu untuk 4 ekornya yang berukuran besar. "Kalau untuk warung pecel lele dibutuhkan 8 ekor ikan lele berukuran sedang dengan harga Rp 16 ribu," ucap Andri, Ketua Karang Taruna Kapuk Muara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar