Senin, 21 November 2011

Indukan Lele

Di dalam budidaya lele pada segmen pembenihan, proses pemilihan indukan lele adalah faktor yang wajib diperhatikan sebelum melakukan proses pemijahan, karena jika kita tidak bisa mengenali jenis atau kualitas indukan lele yang baik, rasanya akan sulit bagi kita untuk mencapai target produksi yang kita inginkan.

Untuk mengetahui Indukan lele yang berkualitas bagi para pengusaha ternak lele yang masih baru tentu saja memerlukan proses, namun sebagai langkah awalnya, para pembudidaya lele harus bisa membedakan indukan lele betina atau jantan.


Untuk Indukan lele jantan biasanya memeiliki ciri-ciri kepala lebih kecil dari pada indukan lele betina, tulang kepala gepeng dan lebih pendek, gerakan lebih lincah, warna kulit bagian dada terlihat lebih tua, secara keseluruhan kulit indukan lele jantan lebih halus, kelamin agak menonjol, berwarna kemerahan dan berada di belakang lubang anus, bagian perut lebih kenyal dan langsing, jika distriping manual dari perut ke ekor akan mengeluarkan cairan berwarna putih dan kental.

Sementara indukan lele betina memiliki ciri yang berlawanan dengan indukan lele jantan, kepala lebih besar, tulang kepala cembung, gerakan lebih lambat, warna kulit bagian dada terlihat lebih terang, kulit indukan lele betina lebih kasar, kelamin berbentuk oval, lubangnya agak lebar, berwarna kemerahan dan berada di belakang lubang anus, perut lunak dan lebih gembung, jika distriping manual dari perut ke ekor akan mengeluarkan cairan berwarna kekuningan.

Indukan lele yang baik biasanya diambil dari bibit lele yang dipelihara dari kecil didalam kolam, berat antara 200-300gram, panjang 20-25cm disesuaikan dengan kesuburan badan, bentuk simetris, tidak cacat, lincah dan hindari memilih indukan lele yang terluka, sebaiknya indukan jantan berumur diatas tujuh bulan sementara indukan betina berumur satu tahun. 

Jika Indukan lele terlihat berpasang-pasangan dan saling mengejar antara indukan jantan dan betina, itu pertanda indukan telah siap untuk dipijahkan, segera pindahkan kedua indukan tersebut ke dalam kolam yang terpisah agar dapat melakukan proses pemijahan. 

Pemijahan bisa satu bulan sekali, jika indukan lele dirawat dengan baik dan dicukupi kadar protein dalam makanannya maka induk lele dapat dipijah +15 kali dalam masa hidupnya, selamat mencoba dan sukses untuk semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar