Senin, 28 November 2011

Anggota Kukmi Siap Panen Lele Sangkuriang

Rumah Zakat Cabang Bandung melaksanakan pemberian pakan lele sangkuriang di Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Selasa (21/12). Budidaya ikan lele ini adalah budidaya yang dilakukan oleh 10 Anggota Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI) Rumah Zakat yang bekerjasama dengan KMIT (Kajian Muslim Indonesia di Trondheim) Norwegia. Sepuluh peserta KUKMI ini mendapat bantuan modal dan pendampingan bisnis.

Program pemberdayaan ekonomi yang dinamai KUKMI ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Desa Cimenyan Kabupaten Bandung dengan budidaya lele sangkuriang oleh 5 orang dan di Kelurahan Kopo, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung berupa bisnis penjualan rujak buah dengan 5 orang pengelola juga.

Di Cimeunyan hasil ternak lele sangkuriang ini sudah menunujukkan hasil yang mengge
mbirakan. Ikan lele yang disebar ke dalam empat kolam sebanyak 4000 ekor (perkolam 1000 ekor -red), kini sudah berukuran berkisar 10-12 cm. "Alhamdulillah, dengan pemberian pakan yang rutin membuat pertumbuhan ikan semakin cepat," papar Sulaeman, salah satu anggota KUKMI kepada Suryadi, Membership Relation Officer Rumah Zakat saat ditemui dilokasi peternakan. "Kalau tidak ada halangan, insyaallah bulan depan kita akan panen lele sangkuriang," tambah Sulaeman.

Untuk komunitas di Kopo yang berjualan rujak buah, belum berkembang pesat karena hujan yang turun terus menerus. Meskipun demikian mereka tetap semangat menjajakan jualannya dan aktif menghadiri kegiatan yang diadakan oleh Rumah Zakat.

"Memang hujan masih terus mengguyur Kota Bandung dan harga buah-buahan agak naik. Meskipun demikian Alhamdulillah saya masih tetap berjualan walaupun dari segi omset agak berkurang" terang Adma (48), salah satu member KUKMI.

Berkaitan dengan panen lele, Chief Program Officer (CPO) Rumah Zakat, Asep Mulyadi mengatakan sangat senang dengan rencana akan dilakukannya panen lele tersebut. "Setelah member di Oraytapa Cimeunyan panen tanaman jagung, Minggu (19/12), Insyaallah bulan depan kami akan panen lele," ungkapnya sambil tersenyum saat ditemui dalam acara inspirasi pagi di kantor Rumah Zakat Cabang Bandung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar