Jumat, 04 November 2011

Prospek Usaha Ternak Lele Sangkuriang

Ternak lele sangkuriang merupakan alternatif untuk anda yang mau beternak ikan lele. Lele sangkuriang ini merukan lele bibit unggul yang dihasilkan dari perkawinan silang antara ibu dan anak lele, makanya disebut sangkuriang yang menikahi ibunya sendiri. Budidaya ikan lele ini dapat anda buat di kolam tanah ataupun kolam yang terbuat dari tembok, tapi ada cara baru yang merupakan suatu terobosan yaitu dengan menggunakan terpal.

Kolam lele yang terbuat dari terpal ini sangat efektif, selain harganya murah juga memiliki kekuatan dari bocor sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Bibit lele sangkuriang ini bisa anda dapatkan dari peternak lele atau ke dinas perikanan setempat. Untuk pembesaran anda tinggal memasukan bibit lele tadi kedalam kolam dan beri pakan secukupnya maka setelah 40 hari lele bisa dipanen. Pakan harus cukup karena lele ini termasuk hewan predator yang apabila merasa lapar dia akan memakan temannya sendiri yang memiliki tubuh yang lebih kecil. Dalam setiap minggu diadakan pemisahan lele yang perkembangannnya terlambat, agar dimasukan ke kolam yang terpisah. Hal ini dilakukan untuk mencegah lele yang lain memangsanya.

Ternak ikan lele ini sangat mudah dilakukan, bahkan bisa anda lakukan dipekarangan rumah sehingga lahan kosong bisa termanfaatkan. Kelebihan lele sangkuriang ini selin masa panennya yang singkat juga memeiliki warna yang cerah sehingga pada masa panen dan penjualan ke konsumen ada daya tarik sendiri dari warna lele yang cerah tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar