Jumat, 04 November 2011

Pembuatan Probiotik Untuk Budidaya Lele Sangkuriang

Seperti kita ketahui manfaat probiotik dalam pertanian dan peternakan, bahkan untuk kesehatan manusia juga sangat diperlukan.
Dalam budidaya Lele Sangkuriang dan dunia perikanan secara umum juga sangat memerlukan bantuan probiotik untuk pengkondisian aqua-culture, kesehatan dan pertumbuhan ikan tersebut.
Inilah cara mudah membuat atau menggandakan Probiotik.
Formula untuk membuat Probiotik :
a) 1kg molase
b) 2kg gula pasir
c) 1 kaleng susu kental manis
d) 1/2 liter probiotik pabrikan / probiotik starter
e) 1 kotak fresh milk ( optional pengganti susu kental )
f) 30 liter air
g) pupuk urea, 2 sendok makan (optional untuk nitrobacter, tapi khusus ditebar)

dicampur di drigen diratakan, dikocok2. simpan jangan kena matahari kemudian ditutup. Biarkan kurang lebih selama 2 hari (48 jam) tiap 12 jam dibuka sebentar agar gas fermentasi keluar dan ditutup kembali.
Fungsi nitrobacter, mengurai kotoran ikan untuk mengurangi kandungan ammonia si dalam kolam ( sangat dibutuhkan jika pergantian air agak susah ).
Cara Pemakaian :
Setiap 10 cc probiotik buatan, di campur dengan 300cc air, ada dua opsi, di campur ke pakan ( bobot 1kg), atau di tebar di kolam.
Dosis 1 liter per 80M2 kolam setiap 1-2 bulan.
Cara membuat probiotik starter :
a) 50g molase
b) 100 cc fresh milk
c) 50g jus kedelai
d) 1 liter air
rebus adukan diatas selama 15-30 menit , terus di dinginkan, campur dengan biang bakteri yoghurt atau kefir atau dadih disimpan 2 hari di dalam drum atau ember, gunakan alat aerasi yang sering dipergunakan untuk akuarium. Selesai.

1 komentar: