Rabu, 11 Januari 2012

LPNU Bogor Panen Lele Sangkuriang

Enam bulan telah berlalu, pelatihan budidaya lele yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Lembaga Perekonomian NU (LPNU) untuk para petani se-Jabodetabek yang dilaksanakan di Cisarua-Puncak Bogor telah membuahkan hasil.

Dua orang petani yang semula tidak mengerti sama sekali mengenai budidaya lele Sangkuriang dikirim oleh Pengurus Cabang Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Kabupaten Bogor. Hasilnya sampai saat ini telah 2 kali panen, dengan hasil yang cukup memuaskan.

Bahkan bukan hanya disitu saja, PC LPNU Kab.Bogor telah mengembangkan sendiri pemijahan lele Sangkuriang, jika 3 bulan yang lalu masih membeli bibit dari tempat lain (Ciawi-Bogor ) maka saat ini kebutuhan bibit lele Sangkuriang dapat dipenuhi sendiri.

Sekretaris PCNU Bogor Akhsan Ustadhi menjelaskan ini LPNU Kab Bogor bekerja sama dengan alumni Institut Pertanian Bogor sedang mengembangkan pembuatan pakan untuk lele Sangkuriang sehingga ke depan kebutuhan pakan lele dapat dipenuhi sendiri untuk minimalisir anggaran pakan. Ada rencana pakan tersebut dipasarkan untuk lingkungan NU Kab Bogor.

Hasil Panen tersebut juga dinikmati secara langsung oleh jama’ah NU setiap malam Sabtu dalam pengajian rutin PCNU tafsir Syech Abdul Qodir Jaelani dalam bentuk hidangan pecel lele, begitu juga dalam acara lailatul Ijtima’ setiap dua bulan sekali.

Dari hasil tersebut maka PCNU Kab.Bogor ingin menularkan ilmu tersebut kepada MWC NU dan Ranting-rantingnya, dengan menyelenggarakan workshop tentang “Budidaya Lele Sangkuriang” pada tanggal 25-27 Juni 2011 di Gedung PCNU Kab.Bogor Jl Bina Citra No.5 Kp Cipayung Kelurahan Tengah Kec.Cibinong Bogor

2 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha
    pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan
    bibit lele
    sangkuriang. Untuk wilayah
    Solo dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari
    indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses
    dalam
    berternak lele. Konsultasi
    gratis.
    Saya tidak menjual bibit
    saja. Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah
    panen akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw
    03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo,
    Surakarta

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum.. saya numpang promo.. saya berdomisili di Kota Bogor menyediakan bibit lele berbagai ukuran mulai ukuran 2-3cm dengan harga super murah/bisa nego. Biaya ongkos kirim gratis, sementara saat ini hanya melayani pengiriman wilayah Bogor. Bagi yang berminat serius atau sekedar konsultasi bisa telp. Rully no hp. 085694127123.

    BalasHapus