Minggu, 08 Januari 2012

Air Ledeng Untuk Kolam Lele

Ada banyak pertanyaan tentang boleh tidaknya memakai air PDAM atau air PAM atau air ledeng untuk digunakan pada kolam pemeliharaan ikan lele.

Air itu sendiri merupakan kebutuhan dan syarat mutlak hidup ikan. Oleh sebab itu kualitas dan volumenya harus diperhatikan dan dijaga. Namun menjadi masalah terutama jika kita tinggal di perkotaan.

Karena bisa saja air yang ada satu-satunya adalah dari air ledeng. Ternyata kita tidak perlu khawatir jika harus memelihara lele atau ternak lele dengan air ledeng.

Perlu perlakuan sederhana agar air ledeng aman dipakai. Untuk itu air ledeng ini perlu diendapkan selama 3 malam, baru kemudian bisa dipakai.

Lebih baik lagi jika endapannya tersebut dishipon atau dikeluarkan dengan hati-hati dan pelan-pelan, dengan cara menyedot air dasar kolam dan tidak membuat keruh karena endapan didasar melayang kemana-mana. Itu saja.

Dipasaran ada juga obat anti chlor yang mampu mengikat kaporit air sehingga air PAM tersebut bisa langsung dipergunakan secara aman.

Untuk lele yang sudah agak besar, nyatanya juga tidak masalah bila langsung dipakai air ledeng tanpa perlakuan khusus sebelumnya.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terimakasih ttg infonya.
    Bisa lebih rinci anti chlor yg dimaksud nama kimianya apa? Atau merk apa? Sy sdh cari di toko2 ikan dan coba bbrp merk tapi tidak efektif.

    Sebagai info:
    Sy tinggal.di ruko di bilangan cengkareng - sebulan ini belajar pembesaran lele dgn drum plastik.
    Menggunakan air pam.
    Drum sy tempatkan di dak lt4 spy kena sinar matahari - meskipun tdk maksimal.

    Hasilnya untuk bibit yg br datang 5cm - air hrs diganti total seminggu 2x, sedangkan lele yg sebesar jempol kaki air hrs diganti total 2hr sekali.
    Sangat menyita waktu krn.apabila telat mengganti air lele lgs mari berjamaah.

    Dari Awal Juli Hungga Mid Sep 2013 ini Lele junior yang mati sudah lebih dari 3000 ekor.
    Sekarang ini masih ada sekitar 2000 - 2500 ekor tapi Saya jadi kurang optimis apakah masih akan ada lele yang hidup saat panen nanti.


    Untuk yg mau sharing hal yg sama silahkan email ke rio dot jakarta at gmail.com


    Mohon pencerahan.
    Terimakasih.

    BalasHapus