Selasa, 03 Januari 2012

Saya Harus Menjadi Pengusaha !

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Menjelang tutup tahun 2011 tepatnya Rabu, 28 Desember 2011 saya memberanikan memulai langkah berwirausaha (entrepreneur)

Usaha yang saya kembangkan adalah budidaya ikan lele sangkuriang pada media plastik terpal, banyak orang yang mengatakan bahwa lele akan menjadi komoditas andalan di masa mendatang. 

Forecat  ini bukan tanpa alasan, lele merupakan ikan yang bandel, memiliki daya tahan tubuh tinggi terhadap serangan penyakit, dan mampu hidup dalam kondisi air yang rendah (Hendriana, 2010).
Lele Sangkuriang
Lele Sangkuriang
Modal awal untuk pembuatan kolam terpak tak lebih dari Rp. 200.000 /kolam untuk ukuran kolam 3 x 5 meter dan rencananya pada tahap awal bisnis saya rencanakan untuk membuat 3 kolam, dengan isi benih sekitar 3 -5 kg benih ikan lele sebesar rokok. 

Menjalankan budidaya ini saya tidak bekerja sendiri melainkan memberdayakan beberapa masyarakat yang menjadi tempat bisnis saya, khususnya masyarakat menengah ke bawah yang ada di Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, nantinya diberlakukan sistem bagi hasil.

Gambar Ilustrasi: Budidaya Lele Kolam Terpal (Sumber Gambar: www.ternaklelesangkuriang.com)
Gambar Ilustrasi: Budidaya Lele Kolam Terpal (Sumber Gambar: www.ternaklelesangkuriang.com)
Hal lain yang mendasari saya memberanikan diri berbisnis budidaya lele adalah karena lele merupakan ikan yang cukup diminati oleh berbagai konsumen, coba kita perhatikan saja di pinggir jalan, saat ini cukup menjamur bisnis kuliner pecel lele dan lain sebagainya, hal tersebut merupakan suatu bukti bahwa lele cukup banyak dinikmati, selain itu pula lele bisa diolah menjadi berbagai macam variasi makanan seperti kerupuk lele, abon lele, dan lain sebagainya.

Hari ini (Minggu 1 Januari 2011) masih dalam tahap pembangunan kolam terpal, dan meskipun sudah jadi tidak bisa langsung ditanami lele, karena ada beberapa hari untuk proses pemupukan kolam, setelah masa pemupukan kolam nantinya akan ditanami benih-benih lele yang siap dibesarkan. 

Menjalankan bisnis ini, saya berpendapat yang namanya untung rugi adalah hal yang wajar, meskipun untungnya kecil tapi saya merasa bahagia karena dengan budidaya lele ini saya bisa menjadi agent of change dengan memberdayakan masyarakat desa golongan menengah ke bawah.

Sehubungan dengan saya masih awam dalam bidang budidaya lele, bagi kawan-kawan yang sudah lebih senior saya mohon bimbingannya.

2 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

    BalasHapus
  2. saya punya usaha lele dan memiliki ikan lele konsumsi dan benih lele dengan keunggulan saat panen akan didapatkan ukuran yang sama 60-80 persen, bila berminat silahkan hubungi kami di 085211322064 atau melalui alamat email kami di pramonoadi.catur@gmail.com

    BalasHapus