Kamis, 05 Januari 2012

Greenhouse Lele Sangkuriang Pertama Di Indonesia

Kolam lele, khususnya kolam lele sangkuriang mungkin sudah tidak aneh. Karena tempat pemeliharaan ikan ini sudah banyak yang memilikinya. 

 Tak hanya di Pulau Jawa juga di Luar Pulau Jawa. Tak hanya milik pemerintah juga milik perusahaan dan milik para pembudidaya. 

Tetapi greenhouse lele sangkuriang terdengar sangat aneh. Karena belum ada pembudidaya yang memiliknya. Tempat pemeliharaan ikan ini hanya ada di UF-two.

Ide pembangunan greenhouse lele berawal dari banyaknya kendala budidaya yang terjadi di masyarakat, dimana keadaan musim, terutama musim hujan sangat mempengaruhi kegiatan budidaya ikan. 

Hujan telah menjadi salah satu penyebab utama turunnya produksi lele. 

Adanya hujan deras dapat menurunkan kualitas air kolam, terutama tingkat kesuburan danf luktuasi  suhu air yang tinggi selama masa pemeliharaan.

Dengan menurunnya tingkat kesuburan, maka populasi pakan alami menurun. Dalam kondisi seperti ini, ikan kehilangan kesempatan untuk makan. 

Dampaknya ikan-ikan menjadi kurus dan tumbuh sangat lambat. Dampak lain kondisi ikan turut menurun dan bisa terserang penyakit.

Tak hanya oleh tingkat kesuburan yang rendah, penurunan kondisi tubuh bisa juga disebabkan oleh fluktuasi suhu air yang tinggi, akibat hujan.

Selain adanya kendala budidaya di masyarakat, ide pembangunan greenhouse lele juga muncul karena adanya tuntutan konsumen. 

Karena dalam greenhouse dapat diproduksi lele yang higeinis, atau lele yang terbebas dari bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Produk lele yang higeinis sangat dibutuhkan dimasa yang datang, terutama dalam menghadapi perdagangan bebas dunia tahun berikutnya.

Itulah dua hal pokok yang menjadi latar belakang pembangunan greenhouse oleh UF-two., disamping masih banyak alasan lain. 

Yang pasti bangunan itu bisa memberikan banyak keuntungan bagi para pembudidaya.  Greenhouse UF-two dapat menjadi Greenhouse Lele Sangkuriang pertama di Indonesia. 

Untuk hasilnya, UF-two telah memberikan nama yang sesuai, yaitu Lele Greenhouse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar