Kamis, 12 Januari 2012

Menyimak Pengalaman Rosalita, Pembudidaya Lele Organik

Bermodal Rp 1 Juta, Sukses Menjadi Pengusaha Lele
Awalnya tak menyukai lelemelihat bentuknya pun takut.

Kini, mencium untung dariikan lele diendus Rosa Rosalitasejak setahun terakhir. Semulaia hanya menjadi ibu rumahtangga kini justru menjadientrepreneur sebagai peternaklele organik. Profesi yang jarangdilirik kaum perempuan itu justrumelambungkan kesuksesannyamembudidayakan lele.
Bagaimana kisahnya?
YERIVLORIDA


Dikisahkannya, awalnya ia mengetahui lele dari internet. Rasa penasaran ia telusuri hingga nekat mengikuti pelatihan khusus lele Sangkuriang, di Gadok, Bogor, lawa Barat.

Selama tiga hari dengan bermodal satu juta rupiah untuk biaya pelatihan, ia tekun mengikuti pelatihan hingga usai. Hasilnya, Rosa menerapkan ilmu itu dengan memanfaatkan lahan tidur miliknya yang berada di belakang komplek tempat ia bermukim di Graha Raya, Bintaro, Tangerang Selatan.

Bentangan lahan seluas seribu meter persegi ia gunakan untuk membuat bak berlapis terpal menjadi benih lele. "Saat pelatihan pesertanya dari seluruh Indonesia," terang perempuan kelahiran Bandung 20 November 1969 itu. Tadinya, kata Rosa, ia hanya menjadi ibu rumah tangga yang mengurusi keluarga.

Namun keinginannya kuatnya terjun menjadi entrepreneur tak surut. Hingga
kini, Rosa cukup dikenal sebagai pembenih di kalangan pengusaha lele. "Harga lele murah meriah terjangkau semua lapisan masyarakat dibanding daging sapi dan ayam," kata ibu tiga anak itu.

 Ternak lele tidak begitu rumit asalkan dirawat dengan tekun hingga masa panen. Untuk benih dalam sebulan sudah bisa dipanen. Sedangkan untuk jual daging, masapanen cukup singkat yakni tiga bulan.

Lele sangkuriang ini merupakan perbaikan genetik melalui silang balik antara induk betina lele dumbo generasi kedua (F2) dan jantan lele dumbo generasi keenam (F6). Induk betina (F2) berasal dari keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia pada 1985 oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi.

1 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha
    pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan
    bibit lele
    sangkuriang. Untuk wilayah
    Solo dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari
    indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses
    dalam
    berternak lele. Konsultasi
    gratis.
    Saya tidak menjual bibit
    saja. Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah
    panen akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw
    03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo,
    Surakarta

    BalasHapus