Selasa, 10 Januari 2012

Jabar Pasok 100 Ton Lele Ke Jabodetabek

Jabar Pasok 100 Ton Lele ke JabodetabekJawa Barat menjadi pemasok utama ikan lele ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) rata-rata 100 ton per malam untuk melayani warung-warung pecel lele di kawasan itu.

"Jumlah pedagang pecel lele di Jabodetabek sekitar 25.000 kios. Rata-rata permintaan 100 ton per malam," kata ketua kelompok budidaya Lele Sangkuriang Cijengkol Subang Khairuman di Bandung, Kamis (7/4).

Menurut Khairuman, permintaan lele dari pedagang pecel lele itu sudah berlangsung sejak lama sehingga produktivitas benih sangat menentukan untuk menjaga kontinuitas pasokan.

Permintaan 100 ton per malam itu baru dari pedagang pecel lele di Jabodetabek, belum permintaan dari pedagang pecel lele di sejumlah kota/kabupaten di Jawa Barat.

"Potensi pasar lele cukup besar dan selama ini belum bisa terpenuhi. Budidaya lele mudah dan bisa dilakukan dalam kondisi cuaca atau musim apapun," kata Khairuman.

Pasokan lele ke Jabodetabek dilakukan dari sejumlah daerah antara lain dari Subang, Bandung, Purwakarta, Sukabumi dan Bogor.

Sejumlah daerah yang membutuhkan pasokan lele dalam jumlah besar lainnya adalah Bandung, Cirebon, Tasikmalaya. Namun permintaan dari kawasan Jabodetabek meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Permintaan pasar terus meningkat, demikian halnya permintaan benihnya. Sehingga Jabar belum bisa mengekspor benih seperti Jatim," kata pria pembudidaya lele dan patin itu.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dibudidayakan secara luas oleh masyarakat terutama di Jabar. Potensi budidaya lele cukup tinggi karena budidaya dapat dilakukan di lahan dan sumber air terbatas dengan padat tebar tinggi.

Selain itu teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, di samping pemasarannya relatif lebih mudah dan modal yang dibutuhkan rendah.

Pengembangan budidaya ikan lele meningkat sejak tahun 1985 sejak maraknya jenis ikan lele dumbo, namun pengelolaan induk kurang baik sehingga lele dumbo mengalami penurunan kualitas.

Di Jawa Barat, khususnya di Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Cijengkol Subang telah dikembangkan pencetakan induk lele sangkuriang dalam rangka memperbaiki kualitas.

Pembesaran lele bisa dilakukan di kolam irigasi, kolam tadah hujan dan keramba jaring terapung.

8 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

    BalasHapus
  2. saya memiliki stok ikan lele konsumsi dan benih ikan lele dengan keunggulan saat panen akan didapatkan ukuran 60-80 persen sama, bila berminat silahkan hubungi 085211322064 atas nama catur pramono adi atau melalui alamat email kami di pramonoadi.catur@gmail.com

    BalasHapus
  3. Permisi...kami dari I'MB MANDIRI....ingin menawarkan ikan lele pada
    bapak/ibu...kami menawarkan ikan lele ukuran konsumsi dan siap untuk
    pengiriman partai besar...minimal pengantaran 7 kintal dan sistem pembayaran
    cash di tempat...minat bisa tlp ke marketing kami yg bernama imron bukhori di
    nmr tlp 087881592181 dan pin bb 7d7c7e98....

    BalasHapus
  4. Saya punya ikan lele siap panen,2 mgu lagi size 6,7,8 super saya bandrol harga 18000 ditempat.stok 4ton untuk pemborong dari size 10,9,8,7,6 saya bandrrol harga 17000.no hp 082319714661 Femi tasik selatan

    BalasHapus
  5. Saya punya lele ukuran koral mau di jual pak, alamat jl sedekan ciamis,kontak saya 081317513251

    BalasHapus
  6. Saya punya lele ukuran koral mau di jual pak, alamat jl sedekan ciamis,kontak saya 081317513251

    BalasHapus
  7. bismillah...saya mau jual siap panen ukuran 6-7-8 stok 500kg kalo ada yang minat hub 085322053032

    BalasHapus
  8. Mantab
    ini wa saya 081255333999
    Wallpaper dinding rumah
    Dan gorden import

    BalasHapus