Jumat, 13 Januari 2012

Perawatan Tepat, Panen Lele Pun Maksimal

Di desa Gunungsari, kecamatan Beji, Pasuruan, seorang petani lele berhasil membudidaya ikan lele dengan hasil yang maksimal. Dalam kolam seluas 120m2, Kayat, demikian nama petani lele itu menebar 22000 ekor bibit lele dumbo berukuran 5cm-7cm. Hampir 3 bulan kemudian, bibit yang mulanya hanya berbobot 90kg, saat panen menjadi 2 ton lebih.

Dengan harga Rp.9.500 per kilogram untuk lele konsumsi, omzet yang didapat Kayat sekitar 19 juta rupiah. Dari omzet tersebut, Kayat mengeruk laba bersih sekitar 9 juta sesudah dipotong biaya untuk bibit, pakan dan obat-obatan.
 
Perawatan TepatBudi daya lele sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Di desa Gunungsari yang dikenal sebagai sentra budidaya lele konsumsi itu, sekitar 60 persen masyarakatnya menekuni usaha ini. Namun demikian, hanya sedikit saja yang mendapatkan hasil maksimal seperti yang diperoleh Kayat. Tidak jarang, diawal-awal atau pada minggu pertama setelah penebaran, banyak bibit lele yang mati.
 
 
Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kondisi air kolam yang kotor, bibit kurang baik, hingga serangan penyakit. Tidak sedikit petani lele di daerah itu gagal panen karena lelenya mati semua. Kalau sudah begitu, bukan keuntungan yang didapat, tetapi jutaan rupiah akan melayang.
 
LeleUsut punya usut, keberhasilan Kayat dalam budi daya lele diawali dari persiapan kolam secara matang, kemudian pembelian bibit lele yang baik/tidak mudah sakit, hingga pemberian pakan yang cukup.
Untuk menghindari kondisi air kolam rusak, sirkulasi air perlu diatur, terutama setelah pemberian pakan, dengan demikian air kolam akan selalu bersih dan lele tidak mudah terserang penyakit.
 
Lele tergolong ikan dengan konsumsi pakan cukup besar, jika pakan kurang, maka sesama lele akan saling memangsa. Untuk itu pemberian pakan jangan sampai telat. 
 
Untuk mengirit biaya pakan, Kayat biasa memberikan limbah telur atau ayam sebagai pengganti pakan pelet yang harganya sangat mahal. Kebutuhan total pakan lele sendiri bisa mencapai 80% dari total biaya operasional.
 
Apa kunci dari keberhasilan panen lele milik Kayat ? Kuncinya adalah perawatan air kolam dan pemberian pakan yang cukup. Dalam perawatan air kolam, selain menggunakan cara-cara yang sudah biasa dilakukan, Kayat pun menambahkan larutan probiotik. Probiotik yang digunakan adalah Marine Bioaquatic–disebarkan ke air kolam 2 kali seminggu.
 
Marine Bioaquatic mengandung bakteri-bakteri penetralisir air kolam untuk melindungi ikan dari racun dan bakteri-bakteri penyebab penyakit. 
 
Selain itu, supaya daya tahan ikan optimal dan tidak mudah terserang penyakit, petani berusia 45 tahun ini juga memberikan Marine Biostimulant yang aplikasinya dicampurkan dengan pakan. Pemberian Biostimulan, ujarnya, ternyata berpengaruh besar terhadap percepatan pertumbuhan lele.

3 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha
    pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan
    bibit lele
    sangkuriang. Untuk wilayah
    Solo dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari
    indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses
    dalam
    berternak lele. Konsultasi
    gratis.
    Saya tidak menjual bibit
    saja. Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah
    panen akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw
    03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo,
    Surakarta

    BalasHapus
  2. Ikan lele sangkuriang & ikan lele phyton

    Benih ikan lele sangkuriang & phyton jual segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan di kembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh serta cepat beradaptasi di lingkungan apapun.

    Menjual benih serta indukan ikan air tawar :

    -ikan lele sangkuring & phyton
    -ikan bawal
    -ikan nila super
    -ikan guiramih & telur guramih
    -ikan braskap
    -ikan mas & koi
    -ikan patin
    -cacing sutra & bibit plangton pakan benih ikan

    Yang murah selain kami masih banyak yang jual tapi kwalitas kami utamakan, Kita tidak menjual benih yang tidak layak untuk di pelihara oleh petani pengusaha atau penjual benih seperti ikan kurang sehat atau rusak, Dan benih kami di kelola oleh orang orang pilihan secara profesional dan tetap dalam pantauan dinas perikanan daerah akan kesehatanya benih ikan. Buat apa mencari dan membeli benih ikan murah kalau banyak kematian nantinya.Anda bisa menilai kwalitas kita boleh anda bandingkan dengan yang lain silahkan.

    BENIH KITA BUKAN YANG TERBAIK SERTA BENIH KITA BUKAN YANG MURAHAN TAPI KITA BERUSAHA MEMBUAT BENIH YANG TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan benih ikan lele pengiriman :
    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    Untuk informasi cara ternak ikan lele :
    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    info lengkap Silahkan kunjungi website kami via Google di alamat : atau KLIK di bawah ini

    http://www.ikanlelepaiton.blogspot.com/

    Semoga bermanfaat amin

    Dian lele …………………..Hp : 081226633426 . ..Tidak melayani sms

    suplayer benih ikan lele antar pulau seluruh indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN UANG GAIB terima kasih.

      Hapus